Rabu, 24 Juni 2015

My Town is a Little Bit of Heaven

Karapan sapi madura
Assalamualaikum.
madura adalah salah satu suku yang memiliki
Solidaritas tinggi tidak hanya pada ras namun juga pada suku lain, saya akan memberikan beberapa gambaran tentang Budaya, Ciri Khas dan Makanan daerah.

Jika ka,u mendengar nama Madura pasti yang terbesit di benak kalian tak jauh dari makanan super lezat bernama Sate. tapi, disini kalian akan lebih tau lagi tentang madura.

Bahasa

Ciri khas suku Madura terkenal karena gaya bicaranya yang blak-blakan. Juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja. Untuk naik haji, orang Madura sekalipun miskin pasti menyisihkan sedikit penghasilannya untuk simpanan naik haji. Selain itu orang Madura dikenal mempunyai tradisi Islam yang kuat, sekalipun kadang melakukan ritual Pethik Laut atau Rokat Tasse (sama dengan larung sesaji).
Tulisan di atas hanya streotipe saja yang hanya dilakukan oleh segelintir orang. Suku Madura memiliki aturan dan tatakrama yang sangat kuat. Orang Madura sangat menghormati orang tua, guru, dan sebagainya. Apalagi Madura Timur (Pamekasan dan Sumenep)yang dikenal halus gaya bicaranya dan sangat sopan santun.

Karakter Sosial Budaya 

Harga diri, juga paling penting dalam kehidupan orang Madura, mereka memiliki sebuah peribahasa lebbi bagus pote tollang, atembang pote mata. Artinya, lebih baik mati (putih tulang) daripada malu (putih mata). Sifat yang seperti ini melahirkan tradisi carok pada masyarakat Madura.
Selain itu ada juga perbedaan antara Madura Timur (Sumenep dan Pamekasan)dengan Madura Barat (Sampang dan Bangkalan). Orang Madura Timur dikenal lebih halus baik dari sikap, bahasa, dan tatakrama dari pada orang Madura Barat. Orang Madura Barat lebih banyak merantau dari pada Madura Timur. Hal ini, dikarenakan Madura Barat lebih gersang dari pada Madura Timur yang dikenal lebih subur.

Makanan khas

Sate khas madura
Sate adalah salah satu dari sederet makanan khas Madura, selain itu Sate Madura juga sudah terkenal di seluruh pelosok Indonesia bahkan beberapa kali saya membuat percakapan dengan bule dan menanyakan makanan khas indonesia yang pernah mereka makan dan mereka gemari jawabannya adalah Sate. menakjubkan sekali. Sate ini biasanya terbuat dari ayam, sapi atau kambing kadang juga kelinci. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Sate Bumbu sendiri, sepintas tidak jauh berbeda dengan sate-sate lain yang biasanya ada di daerah lain. Namun setiap daerah pasti punya khasnya masing-masing, Sate ayam dan yang lain langsung dipanggang atau hanya dibumbuin kecap untuk sate bumbu, sebelum dibakar daging sapi yang sudah ditusuk, dilumuri atau diolesi oleh bumbu yang terbuat dari rempah dan palawija khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar